Total Tayangan Halaman

Kamis, 02 Desember 2010

bambang macanya persija

Bambang Pamungkas Siap Memberikan yang Terbaik  


TEMPO Interaktif, Jakarta – Bambang Pamungkas pastilah tidak asing lagi dengan meriahnya pesta sepak bola Asia Tenggara (Piala AFF). Tahun ini adalah kali keenam ia bergabung di tim nasional membela Merah-Putih di ajang Piala AFF -dulu Piala Tiger. Tetapi, gelar juara belum pernah disandangnya.
Pemain Persija Jakarta yang kini berusia 30 tahun ini berpikir mungkin tahun ini adalah kesempatan terbaiknya untuk memberikan gelar juara bagi tim Garuda. Namun, bukan berarti ia ingin berhenti membela tim nasional. “Saya berharap masih bisa bermain di tim nasional,” katanya, Senin (29/11).
Bambang memang sudah cukup lama memperkuat skuad tim nasional, 11 tahun. Banyak kontribusi yang sudah diberikan pemain kelahiran Salatiga, 10 Juni 1980, ini bagi tim nasional. Di kejuaraan AFF sendiri, sebagai penyerang ia telah membuktikan ketajamannya dengan menjadi top skor mencetak delapan gol pada 2002. Ia sekaligus membawaIndonesia menjadi runner up setelah kalah dari Thailand di final saat itu.
Pemain yang akrab disapa Bepe ini mengaku selama dirinya masih dibutuhkan di tim nasional, maka akan selalu siap memberikan yang terbaik. Bepe bahkan tidak merasa khawatir jika pada laga AFF kali ini ia diposisikan sebagai pemain cadangan meskipun ia pemain paling senior.
Maklum, sekarang ini banyak pilihan pemain penyerang, seperti pemain naturalisasi, Christian Gonzales, pemain blasteran Belanda-Indonesia Irvan Bachdim, dan pemain muda Yongki Aribowo.
“Sepak bola adalah tim, dan tim yang paling penting, apalagi ini tim nasional. Saya akan memberikan yang terbaik untuk tim nasional, saat bermain di lapangan maupun di bangku cadangan,” Bepe menegaskan. Kalimat itu ia ulang saat diwawancarai seusai latihan di lapangan maupun saat diskusi dengan wartawan di kantor PSSI, Senin (29/11) siang.
Profesionalitas Bepe mungkin tidak diragukan lagi. Secara lugas ia pun menyampaikan posisinya sebagai pemain akan selalu menghormati apapun keputusan pelatih. “Saya akan bermain bagi pelatih. Bagiku, pelatih adalah yang paling tahu apa yang terbaik untuk tim,” katanya. Dan, ia pun siap apabila nanti posisinya sebagai penyerang sedikit ditarik ke belakang.
Bepe menilai kondisi tim nasional saat ini sangat bagus. Pelatih tim nasional Alfred Riedl cukup berani mengambil banyak pemain baru yang masih berusia muda. Mungkin secara pengalaman mereka belum terlalu banyak tampil di level internasional, tetapi menurut Bepe mereka mempunyai motivasi yang tinggi. “Ini sangat positif,” kata pemain sepak bola yang hobi menulis ini.
Bepe juga yakin tim nasional Indonesia bisa menunjukkan prestasi terbaik di AFF kali ini. Walaupun persiapan latihan kurang maksimal karena hanya sekitar tiga pekan, ditambah lagi laga uji coba dua kali melawan Timor Leste dan Taiwan masih kurang efektif. “Tapi itu tidak akan menjadi alasan untuk berhenti berusaha karena berhenti berusaha sama dengan pengecut, kami akan melakukan yang terbaik,” kata Bepe.
Pemain yang pernah memperkuat klub Selangor FC Malaysia ini mempunyai keyakinan pada laga perdana nanti bisa mengatasi Malaysia. “Kalau kita bisa memukul Malaysia, partai selanjutnya akan lebih ringan. Pertandingan pertama ini akan menjadi sangat penting,” kata pemain bernomor punggung 20 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar